Stayseamermaid – Amerika Serikat (AS) menghancurkan LOGIN LGO4 sistem udara tak berawak yang diluncurkan kelompok Houthi Yaman, kata Komando Pusat AS (CENTCOM) pada Rabu.

“Antara pukul 2:00 hingga 2:20 pagi (waktu Sanaa) pada 27 Maret, Komando Pusat AS berhasil menyerang dan menghancurkan empat sistem udara tak berawak jarak jauh (UAS) yang diluncurkan oleh teroris Houthi yang didukung Iran di Yaman.”

“UAS ini diarahkan ke kapal perang AS dan terlibat dalam serangan pertahanan diri di Laut Merah,” kata CENTCOM di X, seraya menambahkan bahwa tidak ada korban luka atau kerusakan yang dilaporkan pada kapal AS atau koalisi.

CENTCOM menyatakan bahwa senjata tersebut merupakan “ancaman nyata” bagi kapal Angkatan Laut dan kapal dagang AS di wilayah tersebut.

“Aksi ini diambil untuk melindungi kebebasan navigasi dan menjadikan perairan internasional lebih aman bagi kapal Angkatan Laut dan kapal dagang AS,” tambah mereka.

Kelompok Houthi Yaman telah menargetkan  RTP SLOT LGO4 kapal kargo di Laut Merah yang dimiliki atau dioperasikan oleh perusahaan Israel atau yang mengangkut barang-barang ke dan dari Israel sebagai bentuk solidaritas terhadap Palestina yang didera serangan Israel sejak 7 Oktober.

Laut Merah merupakan salah satu jalur laut yang paling sering digunakan di dunia untuk pengiriman minyak dan bahan bakar.

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin baru-baru ini mengumumkan pembentukan misi multinasional, Operasi Penjaga Kemakmuran, untuk melawan serangan Houthi.