Stayseamermaid – Perdana Menteri Li Qiang LINK ALTERNATIF RGO303 dijadwalkan akan menghadiri pertemuan puncak trliateral antara Tiongkok, Jepang dan Korea Selatan yang akan digelar di Seoul┬ápada 26-27 Mei 2024,┬ákata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin.

Namun, Wang Wenbin, dalam konferensi pers rutin di Beijing, Kamis (23/5), tidak menjelaskan apakah PM Li akan melakukan pertemuan bilateral dengan mitranya dari Jepang dan Korsel tersebut.

“Kami menjaga komunikasi dengan pihak-pihak terkait mengenai pertemuan bilateral China dengan Jepang dan Korea Selatan di sela-sela pertemuan puncak trilateral,” katanya.

Wang Wenbin hanya mengatakan China, Jepang dan Korea Selatan adalah negara tetangga dan negara ekonomi besar di Asia dan dunia.

“Agar dapat bersama-sama mengatasi krisis keuangan Asia, ketiga negara kita meluncurkan kerja sama trilateral, 25 tahun kemudian, kami telah menerapkan kerangka kerja sama China-Jepang-Korsel yang berpusat pada pertemuan puncak dan didahului oleh pertemuan tingkat menteri, pertemuan pejabat senior dan lebih dari 70 kelompok kerja,” ungkap Wang Wenbin.

Terakhir kali para pemimpin ketiga negara bertemu adalah pada 2019, namun pascapandemi COVID-19 dan juga karena perselisihan diplomatik dan sejarah antara Korea Selatan dan mantan penguasa kolonial Jepang, pertemuan ketiga pemimpin belum terlaksana hingga saat ini.

PM Li Qiang, kata Wang Wenbin, bersama RGO303 dengan para pemimpin Jepang dan Korea Selatan, akan menghadiri pertemuan puncak trilateral, pertemuan puncak bisnis China-Jepang-Korea Selatan dan acara penting lainnya, serta bertukar pandangan mengenai kerja sama China-Jepang-Korea Selatan.