Stayseamermaid – Kalah dari tim yang tak LGO4D terkalahkan dan paling eksplosif selama turnamen adalah kekalahan yang termaafkan, apalagi Garuda Muda masuk gelanggang Piala Asia U23 2024 sebagai debutan.

Sebaliknya, Uzbekistan mengikuti turnamen ini dengan membawa skuad yang mencapai final Piala Asia U23 edisi 2022 ketika mereka menjadi tuan rumah.

Bahkan sembilan dari total 16 pemain yang diturunkan pelatih Timur Kapadze pada pertandingan semifinal Senin malam tadi melawan Indonesia adalah juga pemain-pemain yang dipasang Kapadze dalam Piala Asia U23 dua tahun lalu, termasuk dalam final melawan Arab Saudi yang akhirnya menjadi juara edisi 2022. Kapadze sendiri melatih Uzbekistan U23 sejak 2021.

Dari sembilan pemain itu, lima di antaranya dipasang sebagai starter pada laga semifinal melawan Indonesia dan empat sebagai pemain pengganti, termasuk kapten Jasurbek Jaloliddinov dan Khusayin Norchaev.

Dua pemain berpengalaman ini efektif mengubah Uzbekistan menjadi lebih maut ketimbang 45 menit pertama di mana mereka kesulitan menjebol gawang Indonesia.

Norchaev bahkan mencetak gol yang digandakan oleh gol bunuh diri Arhan Pratama setelah Indonesia kehilangan Rizky Ridho akibat terkena kartu merah langsung

Dalam kata lain, laga semifinal di Stadion Abdullah Bin Khalifa Stadium di Doha, Qatar, Senin malam 29 April 2024 itu adalah antara tim yang berpengalaman tampil dalam partai puncak dan lama bermain bersama selama paling tidak dua tahun terakhir, melawan tim debutan yang bahkan baru efektif terbentuk kurang dari setahun lalu.

Faktor waktu bermain bersama ini ternyata penting, terutama dalam kaitannya dengan upaya membangun rasa saling memahami, koordinasi dan kekompakan, sehingga sebuah tim sepak bola menjadi tim pemenang.

Ini bukan pemaafan atas kekalahan 0-2 Garuda Muda dari Uzbekistan. Tetapi tim yang kuat memang kerap dibangun dari seringnya mereka bermain bersama.

Dengan cara itu pemain-pemain bermain dalam irama yang harmonis dan team-work yang kuat, yang termanifestasi di dalam lapangan sebagai tim yang kompak dan akurat dalam mengalirkan bola dari lini ke lini, baik saat menyerang maupun bertahan.

Cara pemain-pemain Uzbekistan bermanuver memang mengagumkan, bukan saja kala melawan Indonesia, tapi juga ketika menghadapi empat lawan sebelumnya.

Mereka bergerak dalam satu kesatuan karena sudah mengenal luar dalam, satu sama lain. Mereka saling tahu harus apa di lapangan.

Hasilnya, gerakan-gerakan mereka selalu seirama bagaikan simfoni dan ini membuat umpan-umpan mereka, entah umpan panjang maupun umpan pendek, memiliki akurasi tinggi.

Akurasi tinggi ini membantu mereka dalam menyerang link alternatif lgo4d secara efektif dan melapis pertahanan dengan cepat, sehingga Indonesia U23 dan lawan-lawan mereka sebelumnya jarang memiliki kesempatan menekan balik karena area bermanuver dengan cepat mereka tutup.