Stayseamermaid – Kepala Organisasi livechat rgo303 Kesehatan Dunia (WHO) pada Senin (30/1) menyebutkan bahwa COVID-19 masih merupakan darurat kesehatan masyarakat yang harus dijadikan perhatian masyarakat internasional (PHEIC).

Penilaian itu, kata Direktur Jenderal WHO Tedros Ghebreyesus, diambil mengikuti saran dari badan penasihat. 

“Direktur Jenderal WHO setuju dengan saran yang diberikan Komite terkait pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung dan menetapkan bahwa peristiwa tersebut terus menjadi darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional,” kata Tedros dalam pernyataan tertulis. 

Setelah Komite Darurat Regulasi Kesehatan Internasional bertemu selama akhir pekan, kepala WHO itu mencatat bahwa minggu ini menandai tahun ketiga penetapan COVID-19 sebagai PHEIC sejak Januari 2020.

“Meskipun dunia dalam keadaan lebih baik daripada sebelumnya yaitu pada puncak penularan Omicron setahun lalu, lebih dari 170 ribu kematian terkait COVID-19 dilaporkan secara global dalam waktu delapan minggu terakhir,” kata Tedros.

Tedros menambahkan bahwa pengawasan dan pengurutan genetik telah menurun secara global sehingga membuat varian lama dan baru lebih sulit terlacak. 

Sistem kesehatan saat ini berjuang rtp rgo303 slot melawan COVID-19, kurangnya tenaga kesehatan dan kelelahan pada tenaga kesehatan, serta merawat pasien yang mengalami influenza dan virus sinsitium saluran pernapasan, kata kepala WHO itu.

WHO sejak akhir Januari telah mengonfirmasi 753 juta kasus COVID-19 dengan hampir 6,9 juta kematian di seluruh dunia akibat penyakit tersebut.